10 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Android Terkena Virus! No. 5 Sering Diabaikan

Sistem operasi berbasis Android memang salah satu sistem operasi peranti mobile yang rentan terkena masalah karena virus. Biasanya, banyak penyebar virus di luar sana lebih menargetkan Android dibanding dengan sistem operasi mobile yang lain. Jika smartphone telah terjangkit virus, tentu akan berbahaya dan beresiko terjadi kejadian seperti kehilangan data-data, akun berhasil dicuri  dan kejadian-kejadian lain yang tidak diinginkan.


Dari berbagai sumber, virus memang dikatakan menjadi salah satu hal yang banyak dibenci para pengguna komputer dan gadget. Seringkali, virus di smartphone Android juga sulit untuk dihilangkan, dicegah atau dihindari . Sebetulnya, hal itu disebabkan karena kelalaian pengguna itu sendiri sehingga virus bisa masuk ke dalam smartphone.


Apabila kita telah paham virus itu berbahaya, berbagai pertanyaan akan muncul di benak kita, bagaimana cara melindungi perangkat android kita seperti tablet atau smartphone agar terhindar dan tidak terjangkit oleh virus?

Tips agar HP Android Tidak Terkena Virus


1. Selalu Unduh Pembaharuan Update Terbaru


Memang akan ada banyak orang yang berpikir jika smartphone lawas saat memperbaharui sistem operasi, maka smartphone atau tablet tersebut kinerjanya akan melambat. Faktanya itu adalah sebuah mitos belaka!

Menginstal pembaharuan pada sistem operasi justru memungkinkan agar smartphone kalian mendapat beberapa update fitur dan tingkat keamanan (security patch) terbaru yang telah ditambah dan dikembangkan. Seiring waktu berlalu, virus juga akan bertambah canggih disebabkan teknologi yang semakin canggih. Jadi, diusahakan smartphone yang kamu pakai itu selalu mendapat update sistem operasi terbaru ya!

2. Hindari Menginstal Aplikasi Pihak Ketiga di Sumber Lain


Pastikan kalo kamu selalu download  atau mengunduh aplikasi lewat layanan Google Play Store jika kamu mau menghindari berbagai macam serangan virus yang berbahaya. 

Menginstal aplikasi dari sumber yang sembarangan dengan mendownload nya melalui file pada website tertentu akan sangat rentan terjangkit oleh virus. Saya sarankan agar mengunduh aplikasi di sumber yang terpercaya saja, misalnya di Google Play Store.

3. Perhatikan Developer Aplikasinya Sebelum Mengunduh


Seringkali ada banyak aplikasi palsu yang merajalela, menyamai aplikasi asli di Google Play Store. Bagi yang ingin tahu keasliannya, silahkan cek terlebih dahulu siapa pengembang (developer) aplikasi itu.

Jika memang berasal dari sumber developer terpercaya dan memiliki ceklis terverifikasi, maka itu aman. Tetapi kalau ada aplikasi yang tiba-tiba muncul, baru beberapa ribu download dan hampir sama seperti aplikasi asli namun tak ada centang verifikasi, maka kamu perlu berhati-hati.

Jadi, sebelum mendownload, cek lebih dulu atau lihat nama pengembang aplikasi/game tersebut. Jangan pernah kamu tertipu dengan nama dan thumbnail yang ditampilkan.

4. Bacalah Review Aplikasi


Meskipun memang poin yang satu ini kadang diabaikan, nyatanya review pada aplikasi juga bermanfaat saat menelaah aplikasi. Kamu bisa melihat pengalaman pengguna yang telah mengunduh aplikasi dan menggunakannya.

Kalau ratingnya buruk, maka urungkanlah niat kamu karena mungkin aplikasi dan game itu tidak memberikan manfaat, tapi hanya membuat kuota habis dan memakan RAM saja.

5. Selalu Install Aplikasi Keamanan Sistem Android


Beberapa aplikasi keamanan banyak tersebar di Google Play Store, salah satunya adalah Aplikasi Anti Virus. Cukup install salah satunya saja, tidak perlu kebanyakan karena bisa memberatkan kinerja smathphone jika menggunakan terlalu banyak memori RAM. Contoh aplikasi Anti Virus, seperti : Bitdefender, Avast!, AVG, Kaspersky, dan lain-lain.

Selain fitur untuk mengamankan smartphone, aplikasi sejenis ini juga umumnya memiliki fitur-fitur lain yang penting seperti cadangankan data, membersihkan cache/sampah dan fitur untuk mengunci aplikasi untuk tujuan privasi.

6. Browsing Harus Lebih Hati-hati


Terkadang disaat kita sedang browsing untuk menggali informasi di internet, saat membuka sebuah website/blog, tiba-tiba keluar notifikasi aneh seperti unduhan sebuah aplikasi. Biasanya notifikasi itu memberitahu perangkat kamu terkena virus yang padahal tidak sama sekali, lalu memaksa kamu agar menginstall aplikasi itu sekarang.

Jika kamu mengalami hal serupa, gak usah panik dan jangan menekan tombol OK/Setuju untuk install aplikasi itu. Untuk mengatasinya, kamu cukup keluar dari browser dengan menekan tombol home dan clear recent app pada smartphone. Untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi, jangan mencoba mengakses kembali website sejenis lagi. Ingatlah nama alamat website-nya agar kamu tidak mengaksesnya lagi.

7. Hindari Aplikasi yang Mencurigakan


Saat melihat aplikasi yang tidak ada di Google Play Store dan tiba-tiba muncul di website, hendaknya jangan install aplikasi itu, karena bisa saja aplikasi tersebut merupakan aplikasi buatan yang di dalamnya telah dimasuki virus.

Saat ini banyak virus yang disamarkan menjadi sebuah aplikasi/game bajakan. Sekilas, memang terlihat seperti asli, tetapi tentu ada perbedaan dengan aplikasi yang asli daripada yang bajakan, misalnya ukuran aplikasinya.

8. Aktifkan Fitur atau Fungsi Keamanan


Di dalam smartphone android sebetulnya sudah ada fitur keamanan yang mana di dalamnya sanggup melakukan filter terhadap aplikasi yang dianggap berbahaya yang akan atau hendak diinstal ke dalam smartphone.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup masuk ke menu pengaturan (settings) dan pilih menu keamanan (security) selanjutnya centang (check list) menu verifikasi aplikasi (verify apps).

9. Jangan Mengaktifkan Auto Connect WiFi


WiFi merupakan fitur jaringan yang memungkinkan bagi siapa saja atau pengguna bisa masuk ke dalam jaringan HotSpot WiFi seseorang. Biasanya, terkadang muncul masalah saat kita menggunakannya.

Seringkali ada HotSpot WiFi yang mencurigakan atau terkadang tidak mencurigakan sama sekali, tetapi disaat kalian bisa terhubung ke HotSpot WiFi tersebut tanpa menggunakan password, ini bisa saja dimanfaatkan oleh si pemilik HotSpot WiFi untuk melihat riwayat smartphone Android kalian lho!

Karena tentu pada dasarnya, saat kamu memakai jaringan Wi-Fi, semua riwayat yang telah kamu lakukan di smartphone bisa dibaca oleh si pemilik Wi-Fi. Untuk itu, lebih baik guankan paket data saja agar lebih mengoptimalkan keamanan di HP kalian.

10. Waspada Tentang Iklan-Iklan pada Aplikasi


Untuk mendapat penghasilan, para developer (pengembang) aplikasi/game memasukan iklan-iklan ke dalam aplikasi/game nya. Namun, hak ini jadi disalahgunakan oleh beberapa orang. Alih-alih menampilkan iklan, mereka malah memanfaatkanya untuk mengambil informasi rahasia yang terdapat pada smartphone.

Dalam beberapa kejadian, mereka manfaatkan iklan untuk menjadi jalan akses virus agar dapat memasuki sistem Android. Maka dari itu, review dari pengguna lain sangat diperlukan.


Demikian beberapa cara agar kamu terhindar dan terbebas dari virus yang berbahaya. Pandai-pandailah bermain smartphone karena kamu bisa saja dipermainkan oleh mereka. Terima kasih.

0 Response to "10 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Android Terkena Virus! No. 5 Sering Diabaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel