Kekurangan HP Docomo di Indonesia! (Nomor 4 Bikin Kamu Was-Was)


TeknoAA.com - Untuk para penggemar ponsel murah alias black market pasti gak asing dengan istilah ini deh! Ya, HP Docomo! Banyak orang yang mengatakan kalau HP ini merupakan ponsel buatan Jepang yang telah di-Impor ke Indonesia.

Tentu, dibalik harga murah dan spesifikasi HP Docomo, ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya nih. Apa saja ya? Oh ya, sebelum kamu mengenal kekurangan HP Docomo di Indonesia, lebih baik simak dulu deh apa sih sebenarnya HP Docomo itu?

Docomo bukanlah sebuah merek ponsel. Docomo adalah singkatan dari "Do Communications Over The Mobile Network" yang merupakan nama perusahaan operator telekomunikasi seluler di Jepang, sekaligus merek layanan telekomunikasi seluler perusahaan tersebut. Seperti halnya Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL Axiata atau Tri di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, HP Docomo sering kamu temui berasal dari merek seperti Sony atau Samsung. Namun faktanya Docomo hampir mem-bundling hampir semua merek ponsel. untuk selengkapnya bisa kamu lihat di sini https://www.nttdocomo.co.jp/english/product/.



Lalu bagaimana HP Docomo bisa ada di Indonesia?

Sama seperti HP black market lainnya, HP Docomo yang dijual di Indonesia biasanya telephone bekas atau yang sudah habis masa kontraknya. Karena tidak dapat dijual kembali di negara asalnya, yaitu Jepang, HP ini malah dijual secara bebas internasional, termasuk salah satu pembelinya adalah Indonesia dengan harga relatif murah.

Apalagi dengan spesifikasi tinggi diatas harga yang murah, sama seperti versi aslinya, banyak orang tergiur memiliki HP Docomo ini bro.



Tapiii... sebelum kamu berniat membelinya, ternyata ada lho beberapa kekurangan HP Docomo yang wajib kamu tahu.

5 Kekurangan HP Docomo di Indonesia yang Perlu Diketahui!


Di sisi beragam aspek memukau yang ditawarkan ponsel asal Jepang ini, ada beberapa kelemahan HP Docomo yang beredar di Indonesia loh. Diantaranya yaitu :

1. Model Desain yang Sedikit Berbeda Dibandingkan Versi Internasional



Tentu saat kamu membeli smartphone dengan label Docomo, pasti ada orang yang menyebutnya sebagai HP palsu, KW alias tiruan. Faktanya bukan begitu bro. Smartphone Docomo dapat mengalami beberapa perubahan dibandingkan dengan versi internasional yang dijual secara resmi.

Misalnya ponsel Samsung atau yang dijual di Jepang dengan bundling Docomo nggak akan memberikan label mereknya. Namun tenang saja, untuk perihal mesin dan spesifikasi keseluruhan, HP Docomo masih menggunakan versi yang sama kok.

2. Custom ROM atau OS yang Tidak Bisa Di-Update



Nah dikarenakan bundling Docomo dikhususkan untuk pemakaian di negara Jepang saja, jika dijual di luar negara Jepang, harus menggunakan custom ROM agar bisa digunakan. Misalnya saja untuk meng-unlock SIM supya bisa terhubung jaringan GSM operator di Indonesia dan keperluan lainnya.

Sayangnya saat memakai Custom ROM di HP Docomo, terkadang beberapa ponsel gagal dan tidak bisa mendapatkan update terbaru sama seperti versi internasional. Jadi, saat ROM yang ada dalam Hp berbasis Android Marshmallow, maka selamanya akan 'mandek' di OS tersebut dan akan sulit bisa naik ke Android Nougat loh.

3. Beberapa Fitur Tertentu Tidak Bisa Digunakan


HP Docomo tentu punya banyak fitur menarik yang dikhususkan untuk penggunaan di Jepang. Seperti fitur waterproof hingga wireless charging. Namun jangan terlalu berharap fitur-fitur tersebut berfungsi/ada di HP Docomo yang kamu beli di Indonesia. Misalnya saja fitur NFC atau TV Analog yang tidak bisa digunakan di luar Jepang guys.

4. Kesulitan Saat Mencari Sparepart



Nah, kalo ini sih udah pasti. Meski murah meriah, tetap saja ponsel ini dibawa secara ilegal ke Indonesia. Tidak ada jaminan barang normal 100%. Jadi, jika sewaktu-waktu rusak maka Anda akan sangat sulit untuk mencari sparepart-nya, bahkan mungkin onderdilnya  tidak ada yang dijual di Indonesia.

5. Prosedur Klaim Garansi yang Meragukan



Soal klaim garansi merupakan kelemahan HP Docomo di Indonesia dan juga smartphone black market lain. Walaupun distributor/penjual menawarkan garansi internasional, jangan terlalu berharap banyak deh. Karena palingan kamu hanya akan mendapatkan garansi distributor yang kurang memberikan jaminan.

Semisal smartphone kamu mengalami error atau rusak, jangan berharap deh bakal balik ke keadaan semula! Yakin masih mau nyoba beli?

Nah mungkin itu saja sih yang bisa sedikit Saya ulas mengenai apa itu HP Docomo sebenarnya dan apa saja kekurangan HP Docomo di Indonesia. Semoga cukup memberikan info yang bermanfaat bagi kamu sebelum membeli.

0 Response to "Kekurangan HP Docomo di Indonesia! (Nomor 4 Bikin Kamu Was-Was)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel