12 Cara Merawat dan Memperpanjang Masa Pakai Baterai Laptop

Di dalam laptop, ada berbagai komponen yang dipasang guna untuk mengatur kinerja laptop. Salah satu komponen utama di dalam laptop yang berfungsi sebagai sumber energi yaitu baterai. Baterai juga komponen yang mempunyai harga yang lumayan besar diantara komponen utama lain.

Kapasitas daya pada baterai mempunyai keterbatasan, biasanya dengan kapasitas tertentu, laptop biasanya bisa menyala 4 sampai 6 jam pemakaian normal. Tetapi, jika menjalani aktivitas berat yang banyak memakan memori RAM dan membuat CPU beroperasi 100%, maka baterai hanya dapat bertahan 2 sampai 3 jam saja.

Laptop bagus
Bermain Game di Laptop. Foto : www.cnet.com
Usia baterai laptop pada umumnya dapat bertahan hingga 2 sampai 4 tahun. Itupun tergantung penggunaan laptop sejak pembelian. Dalam penggunaan secara normal (tidak sering dipakai untuk aktivitas berat), pergantian baterai kira-kira bisa dilakukan di tahun ke-3 atau ke-5. Namu, jika terjadi kerusakan pada baterai (biasanya terjadi kebocoran) yang menyebabkan baterai tidak bisa mempertahankan daya secara normal dan cepat habis.
Tentu Anda tidak ingin baterai laptop cepat rusak/diganti, karena harga yang lumayan. Tapi Anda tidak usah khawatir, saya akan membagikan tips cara merawat baterai laptop agar tetap awet dan tidak cepat habis (bocor) :

Cara Merawat dan Memperpanjang Masa Pakai Baterai pada Laptop

  1. Saat membeli laptop baru, umumnya baterai pada laptop dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Silahkan charge dulu laptop dalam keadaan mati kira-kira 4 sampai 8 jam sampai lampu indikator charge pada laptop menyala warna hijau.
  2. Jaga kesatbian arus listrik. Hindari memasukan adaptor charge laptop pada terminal yang banyak bercabang, agar arus listrik dapat lancar mengalir pada laptop.
  3. Segera cabut colokan saat indikator baterai laptop telah penuh terisi 100%, karena hal itu berdampak pada usia baterai. 
  4. Jangan menggunakan laptop hingga meyisakan daya baterai sampai 0%. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan komponen-komponen hardware pada laptop. 
  5. Jika Anda tidak sedang diluar rumah dan sedang memakai laptop dalam jangka waktu yang lama, disarankan saat mengoperasikan laptop tidak memakai baterai. Silahkan colokan laptop ke adapter. Hal ini untuk menhindari baterai laptop panas dan cepat rusak.
  6. Selalu gunakan adaptor charger bawaan untuk menghindari kebocoran daya baterai dan memperpanjang usia baterai. 
  7. Disarankan saat men-charge baterai laptop itu dalam keadaan laptop mati/tidak menyala. 
  8. Atur lah kecerahan layar monitor jangan terlalu terang, karena hal itu dapat membuat daya baterai cepat habis dan merusak mata. 
  9. Matikan WiFi/Bluetooth saat anda tidak sedang browsing atau menggunakannya agar menghemat daya baterai. 
  10. Jangan sering mengoperasikan laptop sambil di-charge agar dapa memperpanjang umur baterai.
  11. Kurangi aktivitas aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mengurangi konsumsi daya baterai.
  12. Gunakan headset saat melakukan aktivitas multimedia seperti menonton film atau mendengarkan musik, karena penggunaan speaker pada laptop dapat membuat daya baterai lebih cepat habis. 

Baterai laptop murah
Melepas Baterai Laptop. Foto : gadgetren.com
Cara ini bersifat umum dan dapat Anda diterapkan kepada laptop yang anda miliki. Tips di atas juga berguna untuk beragam merk laptop seperti ASUS, Lenovo, HP, Toshiba dan lain sebagainya. Silahkan belilah laptop sesuai keinginan Anda, untuk segi keawetan baterai itu tergantung dari segi penggunaan, bukan dari merk-nya.

Cukup sekian artikel mengenai cara merawat baterai laptop agar awet dan semoga artikel ini cukup bermanfaat untuk Anda, silahkan bagikan informasi ini kepada rekan Anda jika tips ini sangat membantu. Terimakasih.

0 Response to "12 Cara Merawat dan Memperpanjang Masa Pakai Baterai Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel