Begini Cara Mengatasi Laptop Baru/Lama yang Lemot

TeknoAA.com - Jaman sekarang, memiliki laptop memang sangat digemari untuk kebutuhan teknologi terutama saat mengerjakan tugas kuliah atau bermain game. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan laptop, dari kalangan remaja hingga dewasa karena mengingat kebutuhan manusia akan teknologi telah berkembang pesat.

Variasi laptop pun beragam. Dari merk yang standar sampai dengan merk premium, tentunya dengan harga dan spesifikasi yang “wow”. Walaupun begitu, seiring waktu telah berlalu, laptop akan memasuki fase yang dimana mengalami beberapa masalah, misalnya proses pengolahan data menjadi lemot atau lama yang sering membuat penngguna merasa kesal dan frustasi. Nah, dalam artikel kali ini akan membahas beberapa cara agar laptop tidak lemot.


Jika laptop telah digunakan dalam kurun waktu selama kurang dari 3 tahun, beberapa masalah mulai membuat laptop menjadi lemot, selain dari faktor spesifikasi laptopnya. Berikut adalah cara mengatasinya:


1. Uninstall Semua Aplikasi Tidak Berguna

Melakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang tidak di gunakan, karena mungkin ada aplikasi yang tidak sengaja terinstall saat sedang browsing dan juga melakukan download dari website tertentu yang akan menjadikan pemrosesan data di dalam hard disk membutuhkan waktu yang lebih lama.


2. Bersihkan Shortcut Tidak Perlu di Desktop

Terkadang jika terlalu banyak shortcut yang berada pada desktop bisa menyebabkan laptop terlalu menjadi lama saat merespon karena membebani memori.

3. Jangan Membuka Terlalu Banyak Aplikasi Sekaligus

Penggunaan RAM berlebihan yang disebabkan ketika user terlalu banyak membuka beberapa aplikasi selaigus, seperti bermain game, membuka browser dan sambil memutar video/playlist music tentu saja akan mengakibatkan laptop menjadi lemot.


4. Disable Aplikasi Startup Pada Task Manager

Aplikasi startup yaitu aplikasi yang akan aktif saat laptop pertama dinyalakan, seperti antivirus. Disarankan kurangi aplikasi yang ada dalam startup dengan men-disable nya melalui task manager agar tidak membebani kinerja prosesor.


5. Memilih Aplikasi Sesuai Kapasitas Memory

Ketahui spesifikasi laptop yang dimiliki dan install aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Agar tidak membebani kinerja laptop walau masih baru.


6. Jadwalkan Scanning Virus Secara Rutin

Penting dan wajib dilakukan dikarenakan beberapa virus dapat menyebabkan memory RAM menipis yang akhirnya memicu laptop menjadi lebih lemot.


Jika laptop saat laptop berusia lebih dari 3 tahun tentu akan mengalami perubahan performa. Apalagi jika laptop tersebut sering digunakan untuk beragam keperluan. Untuk itu, kita perlu melakukan maintenance atau pemeliharaan untuk mengatasi masalah ini sebagai berikut:


7. Menambah Kapasitas Memori RAM

Hal ini akan membantu meringankan kerja laptop, tetapi perlu diperhatikan juga spesifikasi dan kapasitas maksimum memori RAM yang bisa diterapkan pada laptop.


8. Membersihkan drive C dan Uninstall Aplikasi Berukuran Besar

Seiring dengan lamanya pemakaian maka kinerja laptop pun akan menurun, untuk itu diperlukan pembersihan dari aplikasi yang berat yang memakai kapasitas memori yang besar.


9. Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Hal ini perlu untuk dilakukan karena selama lebih dari 3 tahun, laptop mungkin saja kemasukan beragam jenis debu dan juga material halus lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan laptop menjadi cepat panas dan lalu menjadi lemot.

10. Gunakan Thermal Paste

Sesuatu yang digunakan untuk membantu mendinginkan processor agar tidak lemot dan mencegah suhu processor agar tidak cepat panas. Dengan mengoleskan thermal paste pada processor akan membantu processor untuk mestabilkan suhu agar tidak terlalu panas saat digunakan lama.


11. Belilah Netbook Cooler

Ini adalah kipas tambahan yang memilki manfaat untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Saat suhu yang dihasilkan telalu panas, kita bisa mencegahnya dengan menggunakan kipas tambahan yang nanti mengurangi kemungkinan laptop menjadi lemot.


12. Menggunakan Vacuum/Kipas Penghisap Panas

Sedikit berbeda dengan Cooler, alat ini difungsikan untuk menyerap panas yang ada didalam laptop. Dengan menyerap panas yang ada di dalam laptop, diharapkan prosesor laptop suhunya menjadi stabil.

Demikian beberapa cara supaya laptop tidak lemot. Semoga artikel tentang cara agar laptop tidak lemot ini bisa menambah wawasan anda dan juga memberi manfaat bagi anda semua. Terima Kasih.

0 Response to "Begini Cara Mengatasi Laptop Baru/Lama yang Lemot "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel